Sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Tentang Peluncuran Buku Pedoman Desa Wisata

Perempuan mempunyai potensi kemampuan usaha ekonomi yang tidak dapat dipandang sebelah mata

I Gusti Ayu Bintang Darmawati

Nawacita ke-3 Presiden Joko Widodo adalah membangun Indnesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa. Merujuk arahan tersebut, sudah sepantasnya pembangunan di perdesaan yang setara dilaksanakan, dengan mengedepankan asas universal, integrasi, dan inklusif sebagai wujud pemenuhan hak asasi manusia dan prinsip tidak ada yang tertinggal atau no one left behind.

Keterlibatan perempuan di berbagai bidang embangunan dan perlindungan anak mulai dianggap penting sejak beberapa decade terakhir. Termasuk bidang pariwisata. Program Desa Wisata memberikan peluang untuk perempuan sebagai pelaku usaha dan dapat mengurangi kekerasan, peran ganda, serta ketimpangan gender dalam pembangunan. 

Perempuan mempunyai potensi kemampuan usaha ekonomi yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Dari total unit usaha mikro, kecil, menengah dan besar, sekitar 99 persen berada pada skala UMKM, dan diperkirakan lebih dai 50 persen UMKM dikelola atau dimiliki oleh perempuan. Perempuan mempunyai potensi kemampuan usaha ekonomi yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Dari total unit usaha mikro, kecil, menengah dan besar, sekitar 99 persen berada pada skala UMKM, dan diperkirakan lebih dai 50 persen UMKM dikelola atau dimiliki oleh perempuan.

Situasi tersebut juga menuntut adanya penyelesaian bersama dalam bentuk sinergi antar pemangku kepentingan, abik pemerintah, lembaga masyarakat, dunia usaha, maupun masyarakat dalam membantu meningkatkan pemberdayaan dan produktifitas perempuan khususnya dalam mendukung terciptanya sinergi Desa Wisata dengan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak.

Semoga dengan diterbitkannya Pedoman Desa Wisata ini dapat lebih memperkuat komitmen seluruh stakeholders, sehingga tercipta sinergi pembangunan di Desa.

Perempuan Berdaya, Anak Terlindungi, Indonesia Maju.

Sumber : Buku Pedoman Desa Wisata