0
  • An empty cart

    You have no item in your shopping cart

0
  • An empty cart

    You have no item in your shopping cart

Enter your keyword

post

Menparekraf Apresiasi Inisiatif Masyarakat Dogang Langkat Sumut Ciptakan Peluang Kerja

Menparekraf Apresiasi Inisiatif Masyarakat Dogang Langkat Sumut Ciptakan Peluang Kerja

SIARAN PERS

KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF/BADAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF

Menparekraf Apresiasi Inisiatif Masyarakat Dogang Langkat Sumut Ciptakan Peluang Kerja

Langkat, 15 April 2022 – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengapresiasi inisiatif masyarakat Desa Dogang, Langkat, Sumatra Utara dalam memanfaatkan potensi wisata desanya untuk membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat setempat.

 

 

 

 

 

Dalam kunjungannya ke Desa Dogang, Kamis (14/4/2022), Sandiaga mengatakan hal ini merupakan tren pariwisata terbaru di Indonesia. Di mana masyarakat berinisiatif untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di daerahnya.

“Masyarakat mengambil inisiatif dan ini adalah bagaimana Desa Dogang memanfaatkan potensi wisata yang dimilikinya,” kata Sandiaga.

Hal ini terbukti dari didirikannya destinasi wisata Doremi River di Desa Dogang. Destinasi wisata yang didirikan sejak 2020 ini berdiri di lokasi bekas tambak udang yang ada di Desa Dogang.

Doremi River atau Dogang Resto Milenial River ini menyediakan banyak pondok-pondok lesehan, camilan, spot foto instagrammable, wahana bermain bebek dayung untuk anak-anak, dan juga makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

Sehingga, Sandiaga pun mengajak Pemerintah Kabupaten Langkat dan pihak-pihak terkait lainnya untuk berkolaborasi mengembangkan potensi-potensi wisata yang ada di Desa Dogang yang mengusung konsep ekowisata berbasis komunitas. 

“Mari kita kolaborasi untuk mengimplementasikan community based tourism dan ini perlu kolaborasi semua pihak. Bukan hanya desa, tapi juga DPR, kementerian, pemerintah daerah, dan semua mewujudkan hal ini sehingga menghasilkan dampak positif dari segi sosial, ekonomi, budaya, serta lingkungan secara berkelanjutan,” katanya.

Sandiaga juga mendorong agar Desa Dogang ikut mendaftar ke situs Jejaring Desa Wisata (Jadesta). “Sehingga nantinya Desa Dogang bisa kita beri intervensi kebijakan-kebijakan seperti penanaman mangrove untuk menciptakan momentum kebangkitan ekonomi kita dan pembukaan lapangan kerja,” kata Sandiaga.

Dalam kunjungan ini, Sandiaga didampingi oleh Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis, Brigjen TNI Ario Prawiseso; Direktur Pengembangan Destinasi Regional 1 Kemenparekraf/Baparekraf, Harwan Ekon Cahyo; Direktur Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Berkelanjutan Kemenparekraf/Baparekraf, Indra Ni Tua; Direktur Event Daerah Kemenparekraf/Baparekraf, Reza Fahlevi; dan Direktur Poltekpar Medan Anwari Masatip.

Turut hadir pula Anggota Komisi X DPR RI, Djohar Arifin Husin; Plt Bupati Langkat, Syah Afandin; dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatra Utara, Zumri Sulthony.

I Gusti Ayu Dewi Hendriyani

Kepala Biro Komunikasi

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Sumber : https://www.kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-menparekraf-apresiasi-inisiatif-masyarakat-dogang-langkat-sumut-ciptakan-peluang-kerja

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Kirim Pesan
Terima Kasih telah menghubungi Desa Wisata Indonesia, Silahkan lanjut ke chat untuk info lebih lanjut.