Sambutan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar Tentang Peluncuran Buku Pedoman Desa Wisata

 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam Sejahtera untuk kita semua.

Lebih dari sekadar batasan wilayah secara administratif, Desa merupakan sebuah ekosistem yang mencakup masyarakat, organisasi tingkat desa, potensi, serta sosial budaya yang terbukti eksis dan mampu menyelesaikan masalahnya dengan kearifan lokal yang dimilikinya. Karenanya, keberadaan 74.961 Desa di Indonesia saat ini, berpotensi besar menyelesaikan 74 persen target pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB), seperti diatur dalam Peraturan Presiden nomor 59 tahun 2017. Adapun jalan pencapaian TPB ditempuh dengan aksi pelokalan TPB dalam pembangunan Desa, melalui pencapaian 18 Tujuan SDGs Desa, yang secara utuh memuat aspek kewargaan dan kewilayahan.

Kekuatan transfer Dana Desa yang terus meningkat sejak tahun 2015 menjadi salah satu penopangnya. Sepanjang 2015-2020 total Dana Desa tersalur mencapai Rp 323,32 triliun, direncanakan pada tahun 2021 mancapai 72 triliun. Kekuatan ini, terbukti mampu menggeliatkan APBDes, membangkitkan ekonomi desa, serta meratakan pembangunan desa. Pengembangan Desa Wisata yang melibatkan seluruh dimensi pada ekosistem desa berperan penting dalam pencapaian SDGs Desa. Berdasarkan Potensi Desa 2018, terdapat 18.480 Objek dan Daya Tarik Wisata yang tersebar di Desa-Desa seluruh Indonesia. Sebagai sektor yang memiliki multiplier effect, pengembangan Desa Wisata dapat memiliki efek pengganda turunan pada setiap industri yang terlibat. Dimulai dari pengembangan melalui mekanisme Padat Karya Tunai Desa hingga pengelolaan yang terstruktur oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa), maka pengembangan Desa Wisata dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi di Desa.

Buku Pedoman Desa Wisata ini tidak hanya menjelaskan strategi pengembangan dan pengelolaan Desa Wisata, namun juga mengulas praktik baik pengembangan Desa Wisata yang mengolaborasikan seluruh elemen Desa menjadi sebuah ekosistem yang utuh dan kokoh. Buku ini diharapkan dapat menjadi referensi dan inspirasi bagi Desa untuk mengembangkan kreativitas dan berinovasi dalam pengembangan Desa Wisata baik menggunakan Dana Desa maupun pendanaan lainnya

Akhir kata, semoga buku ini bermanfaat dan berkontribusi dalam upaya percepatan pembangunan Desa melalui pencapaian 18 tujuan SDGs Desa. Membangun Indonesia dari Desa. Bangkit, Indonesia Kuat Desa.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Sumber : Buku Pedoman Desa Wisata

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *