Sambutan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Dan Investasi Luhut B. Pandjaitan Tentang Peluncuran Buku Pedoman Desa Wisata

Pandemi Covid-19 telah menggerus perekonomian kita. Namun bukan berarti harapan dan semangat kita ikut hanyut dalam gelombang yang dahsyat ini. Justru dengan ujian ini, ketahanan kita sebagai bangsa semakin teruji. Tempaan hidup ini akan membuat kita menjadi bangsa yang tangguh dan unggul dalam menghadapi setiap tantangan zaman. Sektor pariwisata merupakan harapan besar sebagai penggerak perekonomian bangsa. Dengan mengandalkan keindahan alam sebagai Karunia Tuhan kepada bangsa Indonesia dan keragaman budaya yang unik, besar harapannya menjadi daya tarik bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Konsep dari desa, oleh desa, untuk desa akan menjadi landasan utama untuk menggenjot pariwisata berbasis budaya yang akan berimplikasi dengan meningkatnya perekonomian rakyat. Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang didukung oleh pengusaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM) di pedesaan juga akan menjadi fakor penunjang yang menghidupkan daya tarik wisatawan. Saya yakin dengan kerja keras, kesungguhan hati serta gotong royong dari semua pihak, cita-cita luhur ini akan tercapai. Pencapaian itu kelak menjadi warisan berharga buat generasi mendatang dalam menyambut Tahun Emas Indonesia 2045. Tak ada jerih payah yang tak membuahkan hasil dan tak ada proses yang mengkhianati hasil, apa yang kita susun dalam Pedoman Desa Wisata ini akan menjadi kunci sukses buat kesejahteraan bangsa.

Desa adalah fondasi utama dari bangsa dan negara kita. Desa adalah harapan kita semua. Desa adalah kunci sukses pembangunan pariwisata kita. Desa Wisata adalah penggerak ekonomi daerah yang berkelanjutan. Tidak ada perekonomian negara yang kuat tanpa ditopang oleh perekonomian desa yang sehat. Tidak akan tercapai perekonomian desa yang sehat tanpa tumbuhnya kesadaran masyarakat dalam membangun desanya. Jadilah bangsa juara yang dimulai dari desa. Jadikan desa kita sebagai surga pariwisata yang mendunia. Terus berjuang buat kita semua. Semoga Tuhan YME senaniasa merestui perjuangan kita. Aamiin.

Sumber : Buku Pedoman Desa Wisata

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *